Edukasi dan Literasi Digital di Pemilui 2024, Meta Gandeng KPU dan Bawaslu – Fintechnesia.com

Uncategorized45 Dilihat

FinTechnesia.com |i Meta membagikan informasi terkini mengenai  pendekatannya dalam melindungi integritas Pemilihan Umum (Pemilu) Indonesia pada 14 Februari 2024. Hal ini mencakup kolaborasi Meta dengan mitra masyarakat sipil, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk mendukung program edukasi pemilih dan literasi digital, serta upaya berkelanjutan untuk memerangi misinformasi, konten berbahaya, dan meningkatkan transparansi iklan politik.

“Kami terus berinvestasi dalam upaya menghubungkan masyarakat dengan informasi seputar pemilu dari sumber-sumber resmi terpercaya, sekaligus memerangi misinformasi, ujaran kebencian, dan campur tangan pemilih. Kami memiliki tim khusus yang fokus terhadap berbagai upaya untuk menjaga integritas platform kami menjelang pemilu,” ujar Karissa Sjawaldy, Public Policy Manager Meta Indonesia, Kamis (23/11).

Menyambut Pemilu 2024, induk Facebook ini membentuk tim operasi pemilu khusus untuk memantau dan mengatasi berbagai risiko yang kemungkinan muncul. Tim operasi ini terdiri dari para ahli internal di tim Meta di berbagai negara, termasuk yang dapat berbahasa Indonesia dan mengerti konteks yang terjadi di Indonesia.

Baca juga:

Pendekatan ini mencakup membatasi penyebaran misinformasi, memperluas kemampuan pemeriksaan fakta, dan meningkatkan transparansi seputar iklan yang dilihat para pengguna di platform Meta.

Meta bekerja sama dengan mitra masyarakat sipil serta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dalam meningkatkan berbagai upaya menjelang pemilu bulan Februari mendatang.

Meta juga telah memberikan pelatihan peningkatan kapasitas untuk berbagai lembaga pemerintah, organisasi pemantau pemilu, LSM, serta kandidat politik untuk memberi informasi kepada mereka tentang kebijakan, layanan, transparansi iklan, dan alat pelaporan yang relevan.

Selain itu, perusahaan juga mengadakan pelatihan bagi tim kerja KPU dan Bawaslu, serta bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) untuk menyelenggarakan lokakarya bagi jurnalis dari kota-kota di luar Jakarta.

Baca Juga  Presiden Jokowi Kunjungi Booth MG di IIMS 2024 - Fintechnesia.com

“Kolaborasi kami dengan Meta mencerminkan komitmen bersama melakukan edukasi kepada masyarakat agar lebih bijak dalam mencari dan berbagi informasi terkait pemilu. Kami harap sinergi ini akan membantu menciptakan lingkungan digital yang aman, transparan, dan dapat dipercaya menjelang pemilu mendatang,” ujar Lolly Suhenty, anggota Bawaslu. (kai) 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *