Survei: 50 Persen Responden Yakin Rusia Bakal Jadi Negara Adidaya

Berita198 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Sebuah survei yang dilakukan oleh All-Russian Public Opinion Research Center (VTsIOM) mengungkap sebagian besar warga negara Rusia yakin negara mereka akan menjadi salah satu negara terkuat di dunia. VTsIOM adalah lembaga yang berisi para ahli sosial, di mana jajak pendapat dilakukan pada sekitar 1.600 orang lewat telepon pada akhir Juni 2023.

Laporan VTsIOM menjelaskan satu dari dua responden merasa Rusia akan menjadi sebuah negara adi daya. Total ada 50 persen responden yang meyakini hal ini. Pada 2020, pertanyaan serupa pernah dilayangkan dan ketika itu ada 37 persen responden yang yakin Rusia akan menjadi negara kuat sedangkan pada 2003 hanya 12 persen responden yang meyakininya.

Lebih dari satu perempat responden yang disurvei mengatakan mereka yakin rusia kan menjadi negara adidaya pada 15 tahun – 20 tahun ke depan. Sedangkan 17 persen responden tidak meyakini hal tersebut.

Laporan VTsIOM juga mencatat prospek perkembangan Rusia telah menjadi lebih transparan dengan 46 persen responden menyatakan Rusia punya sebuah masa depan yang terprediksi. Dua tahun lalu, 30 persen responden membagi pandangan serupa.  

“Masalahnya tidak terbatas pada tumbuhnya kepercayaan dalam prediksi untuk masa depan. Dalam dua tahun terakhir, semakin banyak warga negara Rusia yang bisa membayangkan dengan jelas akan seperti apa Rusia dalam lima tahun ke depan,” demikian laporan VTsIOM.     

Hasil jajak pendapat juga mengungkap sekitar 42 persen responden mengutarakan kalau mereka punya sebuah pemahaman yang cukup jelas soal akan seperti apa negara mereka di kemudian hari. Keyakinan itu naik dibanding survei serupa pada 2021, dimana 28 persen warga Rusia yakin dengan masa depan Rusia.  

Baca Juga  SHPunishment video twitter link

Diketahui pula, sebanyak 72 persen responden memprediksi situasi di Rusia akan membaik dalam 8 tahun sampai 10 tahun ke depan. Sedangkan 25 persen responden mereka tidak punya bayangan yang cukup jelas soal negaranya.

Iklan

Survei secara keseluruhan memperlihatkan naiknya optimisme mengenai masa depan Rusia dan rasa percaya kalau kepemimpinan di Rusia sudah punya sebuah rencana jangka panjang. Warga Rusia yang mempercayai Presiden Vladimir Putin dan pemerintahannya mengalami kenaikan dari 40 persen menjadi 57 persen dalam dua tahun terakhir. Sedangkan responden yang menolak pemerintahan Putin menurun dari 29 persen pada 2021 menjadi 21 persen pada survei yang terakhir dilakukan.   

Sumber: RT.com

Pilihan Editor: Batik Air Buka Rute Baru ke Guangzhou Mulai 26 Maret 2023, Ada Apa di Guangzhou?

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *