Profil Evan Soumilena, Andalan Timnas Futsal Indonesia yang Bergabung di Klub Liga Futsal Portugal

Berita200 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Pemain Timnas Futsal Indonesia sekaligus Pivot andalan klub futsal Black Steel FC Papua Evan Soumilena dikabarkan akan bergabung dengan salah satu klub Liga Portugal, ADCR Caxinas.

Kabar tersebut ditulis oleh jurnalis Portugal Gustavo Munana melalui laman akun twitternya. Bahkan, Gusatvo Munana menyejajarkan Evan Soumilena dengan salah satu legenda timnas futsal Brasil, yakni Betao.

Betao sendiri merupakan seorang pemain futsal berkebangsaan Brasil yang cukup terkenal. Dilansir dari situs Playmakerstats.com, Betao telah mengoleksi 14 piala. 14 piala tersebut adalah Futsal World Cup, Copa Libertadores Futsal, Futsal Cup Winners Cup, Intercontinental Futsal Cup, dan telah menjuarai 2 UEFA Futsal Champions League. Sementara sisanya merupakan gelar-gelar domestik.

Selama berkarier sebagai pemain futsal, Betao yang telah berusia 44 tahun dan berposisi pivot ini telah menghasilkan 46 goal dari 118 pertandingan. Sementara itu, Evan Soumilena dilansir dari berbagai sumber telah menjadi seorang pivot yang mematikan untuk timnas Indonesia dan klubnya, Black Steel FC Papua.

Pemain yang masih berusia 26 tahun itu sempat menjadi top skor AFF Futsal Club Championship dengan mengoleksi enam goal pada kompetisi yang berlangsung pada 2023. Top skor tersebut juga yang berkontribusi bagi Black Steel Papua yang menjuarai AFF Futsal Club pada tahun yang sama.

Dilansir dari berbagai sumber, Black Steel FC saat itu berhasil menjadi juara setelah menang penalti 4-3 (1-) atas klub Liga Futsal Thailand, Hongyen Thakam. Black Steel FC kemudian menjadi klub ketiga yang menjuarai AFF Futsal Club Championship setelah mengikuti jejak IPC Pelindo pada 2014 dan Bintang Timur Surabaya pada 2022. Evan Soumilena dalam final tersebut turut menyumbang goal pada menit ke-33 yang dicetak secara berkelas.

Baca Juga  Pengakuan Ancelotti untuk Jude Bellingham

Evan Soumilena adalah seorang pemain futsal yang lahir pada 19 November 1996 di Papua. Bernomor punggung 18, pemain ini telah memulai karier futsal profesional sejak 2017 bersama Black Steel FC.

Bersama klubnya, Evan Soumilena pernah menjuarai Liga Futsal Profesional Indonesia pada 2020 dan juga menjuarai AFF Futsal Club pada 2023. Ia juga menjadi pemain futsal terbaik dalam kejuaraan Liga Futsal Profesional Indonesia pada 2020.

Di timnas Futsal Indonesia, Evan Soumilena memulai karier di Kejuaraan Piala Futsal AFF 2012 di Thailand. Di turnamen tersebut, Evan berhasil mencetak 8 goal dari 6 pertandingan dan membawa timnas Indonesia menjadi Runner-up setelah dikalahkan Thailand melalui adu penalti. Di tahun yang sama, bersama timnas futsal Indonesia Evan juga menjadi Runner-up di Pesta Olahraga Asia Tenggara pada 2022. 

Pilihan Editor: Marcos Aurelio Ditunjuk Jadi Pelatih Baru Timnas Futsal Indonesia



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *