Peran Pemasaran Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Berita165 Dilihat

Selasa, 15 Agustus 2023 – 18:20 WIB

Memori merupakan kemampuan mental yang sangat penting bagi manusia, proses dimana kita menerima, menyimpan, dan membuat kesan-kesan terhadap pengalaman yang dialami sepanjang hidup melalui panca indera, menyimpannya dalam otak, dan kemudian mengaksesnya kembali untuk membuat kesan-kesan, belajar, dan mengambil keputusan. Memori berperan penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Tanpa memori, kita tidak akan mampu belajar, mengenali orang-orang terdekat, mengoperasikan perangkat atau kendaraan, atau bahkan berbicara dalam bahasa yang kita kuasai. Memori juga memungkinkan kita untuk mengenali pola, belajar dari pengalaman masa lalu, dan membuat keputusan yang bijaksana dalam berbagai situasi.

Baca Juga :

Uut Permatasari Ungkap Pengalaman Hidup di Kos-Kosan Sempit Bersama Keluarga

Bagaimana memori terhadap informasi merek yang dipengaruhi oleh nama merek. Nama merek berperan penting dalam asosiasi, persepsi dan ingatan konsumen yang membantu meningkatkan daya tarik merek dan membuatnya lebih mudah untuk diingat. Berbicara tentang nostalgia masa kecil di bulan Ramadan tahun 2010 bersamaan dengan perayaan Piala Dunia Sepak Bola di Benua Afrika dengan lagu menarik sebagai lagu Celebration dari sebuah merek minuman. Iklan khas minuman bersoda yang segar dan berkarbonasi, yang menambahkan sentuhan khusus dalam iklan tersebut serta menampilkan momen-momen penting dalam pertandingan, kegembiraan suporter, dan tawa dari berbagai budaya dan latar belakang yang berbeda.

Iklan khas minuman bersoda selama Piala Dunia 2010 mengandung elemen-elemen yang mengundang nostalgia bagi banyak orang yang mengingat momen-momen bahagia yang mereka alami selama turnamen tersebut. Selain itu, musik yang diiringi iklan-iklan tersebut sering kali sangat melekat di ingatan, membantu menciptakan hubungan emosional dengan merek dan menciptakan kenangan yang tahan lama.

Baca Juga  Memahami Tren dan Daya Tariknya

Baca Juga :

Geger Mahasiswa Baru Diminta Daftar Pinjol saat PBAK UIN Surakarta, OJK Siap Tindak Tegas

Rangkaian proses memori dalam diri manusia, pertama yaitu: encoding adalah proses penempatan informasi ke dalam memori, selanjutnya storing, tahap penyimpanan melibatkan mempertahankan informasi di dalam memori  yang ditempatkan dalam memori jangka panjang untuk diakses dan dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih lama, dan terakhir retrieving yaitu tahap pengambilan melibatkan mencari dan menemukan informasi yang telah disimpan dalam memori. Proses ini memungkinkan kita untuk mengakses kembali informasi yang telah disimpan.

Belajar adalah proses konsumsi yang sangat penting untuk otak sebagai organ yang bertanggung jawab atas apa yang kita pikirkan, akumulasi penyimpan dari pengalaman dan pembelajaran. Dalam konteks pemasaran bagaimana manusia mengalami dan mengartikan suatu informasi dari pemasar dapat menciptakan makna dan pengalaman kepada konsumen.

Baca Juga :

Genjot Kinerja Bisnis, Aditama Dekati Konsumen

Pemasar dapat memanfaatkan strategi pemasaran untuk mempengaruhi persepsi dan keputusan pembelian, pemasar dapat menyampaikan pesan penawaran secara personalisasi kepada konsumen. Personalisasi ini dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan konsumen merasa dihargai serta cerita baik dari konsumen dapat membantu menciptakan emosional dengan konsumen.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, kemampuan untuk terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan sangat penting, dengan belajar melibatkan berbagai kemampuan kognitif, seperti memori, perhatian, pemecahan masalah, dan analisis. Dengan melatih kemampuan ini melalui proses belajar, kita dapat meningkatkan kecerdasan dan kapasitas otak kita. Belajar bukan hanya tentang mencari informasi baru, tetapi juga tentang melatih otak untuk berpikir secara lebih efisien dan efektif. Melalui belajar yang berkelanjutan, kita dapat mempertajam kemampuan otak kita, meningkatkan kualitas pemikiran, dan menghadapi tantangan kehidupan dengan lebih baik.

img_title

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *