Kontingen Jambore Pramuka Dievakuasi Besok, Hindari Ancaman Topan Khanun

Berita207 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Pemerintah Korea Selatan mempercepat evakuasi peserta jambore pramuka sedunia di perkemahan Sae Man-Geum. Kontingen dari Indonesia tengah bersiap.

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto, saat dihubungi oleh Tempo melalui pesan singkat pada Senin, 7 Agustus 2023, membenarkan bahwa peserta Jambore Dunia mulai dievakuasi besok. Ia membagikan dokumen pengarahan soal rencana darurat pemerintah Seoul hari ini terkait potensi dampak Taifun Khanun.

Sebanyak 36 ribu peserta Jambore Dunia dari 156 negara akan ikut evakuasi pemerintah Korea Selatan besok. Seoul menyediakan sekitar 1.000 unit yang dibagi tiap-tiap negara. Proses dibantu polisi, pemadam kebakaran, serta Kementerian Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi

Kepala Pusat Informasi Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adi Pamungkas melalui pesan singkat kepada Tempo pada Senin, 7 Agustus 2023, menyebut rencana pemindahan kontingen, termasuk dari Indonesia, ini lebih cepat dari yang dijadwalkan. 

Jambore Pramuka Dunia yang dilaksanakan di SaeManGeum, Korea Selatan, adalah event ke-25. Indonesia mengirim 1.569 kontingen untuk mengikuti event internasional tersebut. 

Berthold Sinaulan, wakil kepala Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, kepada Tempo mengatakan, detail pemindahan sedang dibahas malam ini dalam rapat bersama antara Pemerintah Korea Selatan, panitia, dan ketua kontingen semua negara yang ikut serta.

Sebelumnya cuaca panas menyebabkan ratusan pramuka jatuh sakit, dan memicu keluhan dari orang tua serta penarikan kontingen Inggris dan Amerika Serikat. Topan Khanun, yang mendatangkan malapetaka di Jepang selatan, diperkirakan akan mencapai Korea Selatan selatan pada Kamis, dekat tempat perkemahan jambore.

Iklan

Pejabat sedang mencari tempat dan akomodasi alternatif di dalam dan sekitar Seoul, serta di asrama universitas. Lebih dari 40.000 orang menghadiri jambore, pertemuan pramuka global pertama sejak pandemi.

Baca Juga  Korban Tewas Kebakaran di Hawaii Tembus 88 Orang, Polisi Gelar Penyelidikan

Selain kontingen Inggris dan Amerika Serikat meninggalkan lokasi perkemahan, dengan alasan cuaca buruk, pramuka Singapura juga pindah ke akomodasi di tempat lain.

Orang Amerika akan tinggal di pangkalan militer AS dan orang Inggris di hotel di ibu kota, Seoul. Pramuka dari 155 negara menghadiri acara tersebut. Konser K-pop yang akan diadakan di perkemahan pada Minggu ditunda hingga Jumat, tetapi tempatnya belum diputuskan karena topan, kata menteri Kim.

DANIEL A. FAJRI

Pilihan Editor: Jokowi Ingin Perdagangan ASEAN dengan Mitra Bebas Hambatan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *